Saturday, April 26, 2008

Daniel, Lebih dari Kehidupan yang Tak Tercela

Bayangkanlah Daniel tua sebagai kandidat Presiden Amerika Serikat! Setelah rapat para wakil rakyat  menempatkan namanya di dalam nominasi, kemudian L.A. Times, dan Washington Post membuat laporan penyelidikan kehidupan Daniel secara rahasia.

                Siapakah orang ini dan apa permainannya? Dapatkan profilnya, dan cari beberapa yang kotor di dalamnya. Engkau tahu ada yang kotor di sana, maka carilah! Cari melalui guru SMU-nya, bekas pacarnya, bekas pimpinannya, bekas istrinya- apapun. Balikkan setiap tempat dan dapatkan wawancara dengan setiap keping timah, makanan, dan hal-hal kecil yang dapat engkau temukan di sana!!!

                Jaringan-jaringan berita mengirim kru kamerawan untuk memantau setiap gerakan anjing milik Daniel. Tidak bisa dikalahkan, kemudian tabloid di TV memasang kamera telescopic ke arah Jendela apartment Daniel. Salah satu reporter memasang mikropon sensitif di teralis belakang teras lantai dua apartment Daniel.

                Times dan Newsweek merencanakan judul sampul cerita tentangnya: DANIEL: SIAPAKAH DIA? Dan DANIEL: SIAPA ORANG INI?

                Kemudian, setelah beberapa minggu menelusuri melalui catatan keuangannya, transaksi real estat, pajak pengembalian, dan wawancara yang tak pernah berakhir dengan bekas pemimpinnya, supir pribadi, sekretaris, tukang cukur, bankir, dan pelayan-pelayan, para reporter kembali ke ruang berita dengan membawa "barang-barangnya".

                Tetapi terlihat wajah-wajah marah dan gertakan gigi di kantor elit media. Kelihatannya tidak ada yang bisa dilaporkan.

                Tidak ada telepon untuk pengawalan khusus. Tidak ada kuitansi hotel untuk permintaan film tertentu. Tidak ada staf wanita yang melaporkan tindak kekerasan seksual. Tidak ada perjanjian real estat yang mencurigakan. Tidak ada rekening pengacara yang besar. Tidak ada lelucon etnis kasar yang ceroboh terucapkan di mike. Tidak ada catatan dia melarikan diri dari tugas. Tidak ada sogokan politik atau masalah dengan pembayaran pajak atau pembayaran untuk pekerjaan yang tidak dilakukan atau hadiah-hadiah yang dipengaruhi oleh kepentingan politik.

Seperti catatan dari Alkitab, "…mereka tidak mendapat alasan apapun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya." (Daniel 6:5)

Berita tentang Daniel? Ia melakukan apa yang menjadi tugasnya. Ia dihormati oleh teman-temannya. Ia mengasihi TUHAN. Habis perkara.

Ini yang menjadi pil pahit bagi media. Di mana SUDUT pada orang ini yang bisa dicari kesalahannya? Di mana berita utamamu? Bagaimana kamu mendapatkan pembaca untuk membeli majalah dan untuk melihat program baru jika tidak ada ketidakbijaksanaan yang terungkap, tidak ada petunjuk gelap untuk menjatuhkan, tidak bisikan tentang pertemuan rahasia?

Akhirnya kamu mengakhiri apa yang diakhiri musuh Daniel, " Maka berkatalah orang-orang itu: "Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali dalam hal ibadahnya kepada Allahnya!"

Maka ini adalah sudutmu itu. Ada alur ceritamu.

Selamat malam. Mengawali berita malam ini adalah berita tentang Daniel kandidat presiden kita. Berdasarkan sumber dari orang dalam yang telah memberitahu tim berita Evening News bahwa Daniel adalah anggota dari sekte keagamaan ultra-fundamentalist. Ia taat untuk mengikuti setiap kalimat dalam menjalankan Alkitab, tidak bertoleransi dalam memandang perbedaan kepercayaan, dan rupanya setiap hari berbincang-bincang dengan suatu kekuatan supra alami yang tak terlihat. Kami sekarang mempunyai rekaman video saat Daniel berlutut tiga kali setiap hari sebelum membuka jendela apartment-nya. Menurut Dr. Herbert Blumfield, psikolog klinis terkenal, pemikiran sempit dan kebiasaan yang dilakukan ini tidak seimbang dan kemungkinan membahayakan.

Pada perjalanan panjang, tidak ada yang cukup untuk melawan hidup yang baik.

Engkau dapat memberi alasan dengan pendapat para pria. Kamu dapat mengambil isu dari posisi wanita dan pada isu moral. Engkau dapat menulis cara orang menyembah atau menikmati musik atau pandangan teologinya. Tetapi apa yang engkau perbuat dengan hidup yang baik secara konsisten? Bagaimana kamu tidak menganggapnya, padahal itu begitu jelas dan nyata? Ini akan kelihatan pandir jikalau dicoba.

Ketika musuh-musuh Daniel tidak dapat membuat suram atau menutupi kehidupannya yang bersinar, mereka mempunyai dua pilihan. Mereka bisa memilih mendapatkan kebaikan hidupnya dan mempercayai Tuhannya yang besar, atau mereka dapat membunuhnya dan memadamkan cahayanya sekalian.

Seperti telah terjadi, mereka menemukan pelajaran yang keras dari yang mereka kira. Adalah sangat sukar untuk menundukkan hidup yang baik.

Seperti musuh-musuh Yesus.

 

Larry Libby

Sudah memperoleh izin.