Thursday, February 24, 2011

Kesenjangan Sosial



The Habibie Institut merefleksikan dengan tajam empat masalah utama Indonesia. Yaitu, kesenjangan sosial yang melebar, menurunnya kepercayaan pada lembaga dan kepemimpinan negara, komersialisasi dan politisasi hukum, serta melemahnya tata nilai kehidupan.

Di atas kertas pendapatan perkapita penduduk Indonesia adalah US$2.000 atau setara Rp 18 juta per tahun. atau Rp 1,5 juta per bulan. Namun, sayangnya tidak berarti dari sabang sampai merauke tiap kepala warga negara Indonesia berpendapatan segitu. Kalau ya, wah alangkah makmurnya negara ini (walau $2.000 tidak ada apa-apanya dibandingkan pendapatan perkapita tetangga-tetangga kita).

Menurut Rheinald Kasali di "9 Fenomena Bisnis" 4% penduduk Indonesia menguasai aset 75%. Jadi perhitungannya ada 8 juta orang indonesia berpendapatan rata-rata pertahun $37.500 (Rp 367,5 juta) dan sisanya yang 192 juta berpendapatan sekitar $520 per tahun. $520 per tahun berarti tiap bulan pendapatan tidak sampai Rp 500 ribu. Kalau mereka masih bisa bertahan hidup, orang Indonesia benar-benar hebat.

Anda termasuk yang hebat atau termasuk yang 4%?