Monday, March 7, 2011

Selamat Berpelita


Ingin Mengerti Isi Alkitab

Judul Buku: Selamat Berpelita
Penulis: Andar Ismail
Penerbit: BPK Gunung Mulia

Injil Yohanes melaporkan bahwa Yesus membaptis, tetapi mengapa laporan itu cepat-cepat ditarik kembali? Apa maksud Kidung Agung menyebut yang sensual dan erotik seperti bibir, pipi, buah dada, pinggang, dan sebagainya? Apa arti “menggosok bayi dengan garam”, “menelan unta”, dan “perempuan tiang penjuru”? Apa ada ada tanah suci dalam agama Kristen? Apa Kitab Wahyu menubuatkan Perang Dunia?

Berbagai pertanyaan di atas, mendapat jawabannya di buku Seri Selamat ke-22 ini: Selamat Berpelita. Andar Ismail, dosen STT Jakarta, menolong kita mengerti Alkitab dari konteks yang benar.

Dalam kata pengantarnya, ia menulis "Siapa di antara kita yang tidak ingin mengerti isi Alkitab? Semua orang ingin. Tetapi siapa yang betul-betul dapat mengerti Alkitab karena Alkitab adalah kumpulan kitab yang pelik dan rumit dari berbagai budaya dan zaman yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kita perlu berupaya. Membaca buku Seri Selamat ini menandakan bahwa kita sedang berupaya untuk mengerti isi Alkitab. Mengapa kita berupaya mengerti? Sebab kita membutuhkan firman Tuhan sebagai terang dan pedoman. “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku” (Mzm. 119:105). Mana mungkin kita melangkah tanpa pelita di jalan yang gelap gulita dan licin berbahaya. Lalu, buku ini pun menunjukkan bahwa mengerti Alkitab bukanlah tujuan semata-mata, melainkan alat untuk mencapai tujuan yang sesungguhnya, yaitu mengasihi, menaati, mempercayai, dan mempercayakan. Pelita itu menolong kita berjalan menuju tujuan. Selamat berpelita!"


Pak Andar dan karyawan BPK Gunung Mulia