Monday, May 30, 2011

Melintas Batas Cakrawala



Judul                          : Melintas Batas Cakrawala
Penulis                       : Singgih D. Gunarsa
Penerbit                     : Penerbit Libri
Terbit                         : 2011
Tebal                          : 216 halaman
Ukuran                        : 15 x 23 cm
Nomor ISBN                : 978-979-687-857-4 (soft cover)
                                      978-979-687-860-4 (hard cover)



Buku ini sebenarnya adalah edisi revisi dari autobiografi Prof. Singgih D. Gunarsa.  Isinya mengungkapkan kehidupan penulis. Ia dahulu adalah seorang anak yang kebetulan lahir di suatu kota kecil dan juga menghadapi kekurangan fasilitas yang dapat menjamin terpenuhinya segala kebutuhan untuk menunjang perkembangan dan pengembangan pribadi secara wajar. Dengan buku ini, penulis berupaya memberikan kekuatan, meningkatkan keberanian dan ketangguhan bagi siapa saja, dalam menghadapi berbagai masalah yang harus mereka hadapi dan atasi, dengan perjuangan, kekuatan pribadi, tanpa terlalu mengandalkan fasilitas maupun orang lain.

Perjuangan yang digambarkan dalam buku ini dapat dipakai sebagai contoh bahwa keberhasilan seseorang juga ditentukan oleh upaya yang sistematis dan teratur serta kesanggupan dalam menghadapi kesulitan dan mengatasi rintangan.

Pujian
Singgih D. Gunarsa adalah tokoh awal dan perintis Psikologi Perkembangan dan Bapak Psikologi Olahraga di Indonesia yang seluruh hidupnya dicurahkan untuk psikologi.
  Prof. Dr. Enoch Markum (Guru Besar Universitas Indonesia)

Pak Singgih sangat peduli dengan perkembangan anak pada umumnya dan perkembangan manusia pada khususnya.
  Prof. Dr. Hera Lestari (Guru Besar Universitas Indonesia)

Profesor Singgih adalah seorang tokoh yang penuh gagasan dan inspirasi tentang perkembangan anak dalam proses tumbuh kembang anak dan manusia pada umumnya.
  Prof. Dr. Fawsia Aswin (Guru Besar Universitas Indonesia)

Prof. Dr. Singgih Gunarsa adalah tokoh awal yang memperkenalkan dan mengembangkan Psikologi Anak dengan gagasan perkembangan di Indonesia. Ia mempunyai visi ke depan di bidang lain, seperti olahraga, kesehatan, konseling, dan terapi.
  Prof. Dr. Ediasri Atmodiwiryo (Guru Besar Universitas Indonesia)

Prof. Singgih adalah pribadi yang sangat tangguh dan dapat menjadi teladan bagi semua orang, khususnya saya sendiri.
  Dr. Soemiarti Padmonodewo (Dosen Universitas Tarumanagara)

Tulisan yang mengalir dan begitu enak dibaca. Ya, jujur saya baca sampai dua-tiga kali untuk betul-betul memahaminya.
  Thomas Agung (Kasek SDK &  SMPK OeL Polim)

Buku tersebut menginspirasi saya, bahwa hidup ini perlu diisi dan diperjuangkan. Bagian yang berkesan buat saya antara lain adalah bagaimana kegigihan Bapak untuk masuk SMA, sekalipun dimulai dengan penolakan.
— Bing Ananta Andimulia (Pengurus BPK PENABUR)

Sebuah buku tabula rasa Pak Singgih di mana pengalaman manis dan pahit serta bagaimana Pak Singgih melawan dan mengatasi segala kesukaran bisa dipakai untuk contoh dalam menjalankan kehidupan pribadi pembaca.
  Yohan Sumaiku (Ahli Lingkungan Hidup, tinggal di Amerika Serikat)

Terharu dan kagum. Inilah yang saya rasakan ketika membaca buku ini. Bidang keilmuann yang begitu melekat, tidak bisa lepas dalam tulisan ini. Pak Singgih melalui bukunya masih “mengajar”.
  Anne Ranti (Mantan Staf BPK PENABUR, tinggal di Belanda)

Wah... penyajiannya lengkap, inspiratif, dan menyemangati. Saya juga sharingkan buku Bapak ke saudara-saudara saya, dan mereka tertarik membacanya.
  Barry (Staff CCF)

Profesioanalisme senantiasa muncul dalam menyampaikan sesuatu. Tidak mau gegabah dalam memberikan presentasi, benar-benar mempertahankan citra sebagai seorang psi­ko­log hingga saat ini. Konsisten dan tahu menem­patkan diri.
  Lukman Sriamin (Psikolog)

Selain kemauan dan tekad untuk maju yang luar biasa, juga kejujuran dan keberanian Pak Singgih yang belum tentu ada pada kebanyakan orang. Buku ini betul-betul autobiogafi yang meng­ungkapkan apa adanya tentang Pak Singgih.
  Kiki (Staf BPK PENABUR)

Sekarang saya faham bahwa pergumulan hidup amat keras plus potensi mahaistimewa telah menjadikan beliau tokoh besar dalam ilmu psi­kologi.
  Otty Prawira Hananto (psikolog)

Tanpa tedeng aling-aling semua diceritakan apa adanya, membuat orang lain mau mencontoh dan hal ini sangat memudahkan untuk peme­cahan masalah bagi seorang Psikolog.
  Biretni (Mantan Staf BPK PENABUR)

Buku ini sangat menarik karena jadi tahu latar belakang masa kecil, pasti akan lebih menarik lagi kalau ada jilid kedua yang menceritakan suka duka sebagai guru besar.
— Bambang Gunawan (Psikolog & Webmaster Ora et Labora)