Monday, June 11, 2012

Pesta Bunga ala Burung-burung


Judul Asli/Terjemahan      : Pesta Bunga
Penulis                                : Santoso Sri Buwono
Ilustrator                            : Estu Kuncoro
Ukuran Buku                     : 21,5 x 19 cm
Tebal                                  : 36 hlm.
ISBN                                  : 978-602-19417-6-8

Buku ini seri lanjutan dari buku Merpati yang Bersahabat. Pesta Bunga mengisahkan Merpa yang sudah beranjak remaja. Ia menjadi merpati yang cantik dan pandai bernyanyi. Merpa punya sahabat bernama Yoyo, Maya, dan Kris. Dikisahkan musim penghujan mulai tiba. Kawanan merpati mulai bekerja membenahi sangkar mereka, tidak terkecuali keluarga Merpa. Ayah Merpa sibuk mengangkut daun kering untuk memperbaiki rumah mereka. Merpa diminta membantu ayahnya mengambil daun kering yang besar.
Saat musim penghujan, kawanan merpati menanti sebuah perayaan yang cukup istimewa. Perayaan itu disebut “Pesta Bunga”. Pesta bunga diadakan sebagai wujud ucapan syukur karena bunga-bunga di hutan kembali bermekaran.
Pada pesta bunga nanti, Merpa berencana menyanyi dan menari. Saat sedang latihan, Merpa terjatuh dan kakinya patah. Ia sangat sedih dan tidak mau bernyayi di perayaan pesta bunga. Ibu Merpa membujuk dan menguatkan Merpa agar ia tetap mau bernyanyi. Opa Bun ikut meyakinkan Merpa agar ia tetap bernyanyi. Merpa pun bernyanyi, suaranya sangat indah. Nyanyiannya mengajak semua kawanan merpati untuk bersyukur atas pesta bunga tahun ini.