Monday, August 13, 2012

Klinik Tong Fang dan Kita

 Klinik Tong Fang, pengobatan alternatif terletak di Kelapa Gading, Jakarta Utara hangat jadi pembicaraan. Karena iklannya yang isinya bombastis. Materi iklan menayangkan testimoni pasien.

Sebenarnya kalau dilihat dari cara penyajiannya, iklan klinik tersebut tidak ada yang istimewa. Hanya menampilkan beberapa orang yang mengaku pasien klinik Tong Fang. Wajah mereka yang awalnya terlihat sedih, mendadak sumringah saat menyebut klinik Tong Fang sembari menyebut hasil yang mereka dapat setelah berobat ke klinik Tong Fang.

Iklan klinik yang konon biaya sekali datang datang mencapai jutaaan rupiah, sekarang sudah direvisi dan tidak menampilkan testimoni bombastis lagi.

Yang menarik dari fenomena ini adalah plesetannya yang beredar di liniwaktu media-media sosial. Teman-teman yang tidak menonton iklan klinik Tong Fang -- memang hanya ditayangkan di televisi di Jakarta dan sekitarnya -- jadi bertanya-tanya apa sih klinik Tong Fang ini.

Sebab, yang mereka lihat di liniwaktu media sosial mereka hanya plesetannya, yang tentu saja aneh dan tidak lucu jika tidak menonton versi aslinya.

Liniwaktu media sosial makin rajin menampilkan plesetan klinik Tong Fang, terutama setelah presiden mengeluhkan banyaknya warga Indonesia berobat ke luar negeri.

Berikut beberapa plesetannya: